Avro 500, Pesawat Militer Inggris Pertama



Avro Type E, Type 500, dan Tipe 502 merupakan keluarga pesawat militer Inggris paling awal, yang dianggap oleh Alliott Verdon Roe desain benar-benar sukses pertama perusahaan-nya. Itu adalah pendahulu dari Avro 504, salah satu pesawat yang luar biasa dari Perang Dunia Pertama.

Biplane tipe E dirancang secara paralel dengan versi sebelumnya yaitu Avro Duigan, akan tetapi terdapat berbeda terutama dalam daya dorong mesin yang lebih bertenaga, yaitu air-cooled ENV dengan menghasilkan tenaga sekitar 60 tenaga kuda atau 45 kW. Keduanya memiliki sayap paralel persegi panjang yang dalam pada bagian dalam pesawat terdapat stabilizer yang berupa bantalan baja berbingkai persegi panjang, lift dan kemudi tanpa sirip tetap, dan undercarriage yang rapi dengan sepasang roda di sebuah transverse leaf-spring dan skid sentral panjang memproyeksikan ke depan baling-baling. Deskripsi yang biasa ini adalah menggambarkan sebuah pesawat yang luar biasa . Tata letak pesawat didominasi desain pesawat selama dua puluh tahun: Avro 500 dan BE1 kontemporer adalah salah satu contoh pertama benar-benar praktis dibangun .

Pesawat ini pertama kali diterbangkan pada tanggal 3 Maret 1912 oleh Wilfred Parke, meskipun performa pesawat masih di luar harapan, seperti kecepatan tertinggi dan tingkat climbing. Namun, kinerjanya tidak sesuai dengan harapan Roe, dan contoh pesawat kedua dibangun, dimodifikasi untuk mengambil tenaga mesin yang lebih ringan 50 hp ( 37kW ) buatan Gnome dengan berpendingin udara mesin radial. Ini pertama kali terbang pada tanggal 8 Mei 1912, dan tinggi 2.000 kaki (610 m) dicapai dalam lima menit .Hari berikutnya pesawat itu diterbangkan dari Brooklands ke Laffan Plain , melintasi jarak sejauh 17 mil (28 km) di 20 menit . Pada hari yang sama menunjukkan kemampuannya untuk memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam persyaratan pesawat militer yang telah diterbitkan sehubungan dengan Military Aeroplane Competition yang akan datang, dan pemerintah cukup terkesan untuk membeli pesawat dan memesan lebih dari dua unit sebagai pesawat experimental, yang sekarang berganti nama menjadi Roe Avro 500.

Selama beroperasi, jenis pesawat ini membuktikan keberhasilannya, dan pesanan untuk empat mesin ditambah lima derivatif kursi tunggal (untuk Type 502 oleh Avro) segera diikuti. Contoh lain yang dihasilkan termasuk enam unit untuk British Admiralty’s Air Department, yang diberikan kepada pemerintah Portugal, satu disimpan oleh Avro sebagai demonstrator perusahaan, dan satu dibeli oleh seseorang bernama J. Laurence Hall, yang merupakan pimpinan oleh War Office pada pecahnya Perang Dunia I. Prototipe pertama hancur dalam kecelakaan pada 29 Juni 1913 yang menewaskan siswa penerbangnya. Lebih dari 500 unit Avro diterbangkan oleh angkatan bersenjata Inggris selama tahun-tahun pertama perang, sebagian besar sebagai pelatih. Dalam pelayanan, sebagian besar dilengkapi dengan aileron dan rudder yang direvisi.

Karakteristik dari Avro 500 antara lain, diawaki oleh satu orang pilot, memiliki panjang 8,84 meter, bentang sayap 10,97 meter, tinggi 2,97 meter, wing area 30,7 meter persegi, berat kosong 409 kilogram, gross weight 590 kilogram dan ditenagai oleh satu mesin Gnome rotary dengan kekuatan 50 hp. Performa dari pesawat ini yaitu memiliki kecepatan maksimal 98 kilometer per jam dan rate of climb 440 kaki per menit.

Foto: verdon-roe.co.uk

Be the first to comment

Leave a Reply