Avionik King Air Bisa Diupgrade ke Garmin G1000 NXi



G1000 NXi. Foto: Textron Aviation.
G1000 NXi. Foto: Textron Aviation.

Kabar baik bagi pemiliki King Air 200/300/350. Pesawat ini kini bisa dilengkapi dengan avionik terbaru buatan Garmin, yakni Garmin G1000 NXi. Melalui proses retrofit, avionik pesawat turboprop Beechcraft King Air 200/300/350 pun menjadi lebih canggih.

Avionik merupakan peralatan pada sistem kendali penerbangan yang dirancang untuk membantu pilot menerbangkan pesawatnya dengan lebih baik dan mudah. Sistem utamanya meliputi sistem komunikasi, navigasi dan indikator manajemen penerbangan.

Beechcraft King Air merupakan jenis pesawat yang cukup laku di pasaran. Ada empat seri yang bisa ditemui, yakni seri 90, 100, 200, dan 300 yang kabarnya telah diproduksi hingga lebih dari 7.400 buah. Kini setelah diproduksi di bawah bendera Textron Aviation, muncul seri lain yakni 90GTx, 250, 350i dan 350ER.

Umumnya King Air dilengkapi dengan avionik Pro Line 21 buatan Rockwell Collins. Pro Line 21 tentu memiliki keterbatasan dibandingkan tipe-tipe yang terbaru. Memahami hal tersebut, Textron Aviation bekerjasama dengan Garmin untuk meningkatkan kemampuan avionik King Air, dalam hal ini seri 200/300/350. Hasilnya, King Air 200/300/350 bisa dilengkapi dengan avionik buatan Garmin, yakni G1000 NXi.

“Kami dengan bangga menghadirkan solusi bagi pelanggan King Air,” kata Brad Thress, senior vice president, Customer Service Textron Aviation. “Garmin’s G1000 NXi merupakan solusi yang sangat bernilai bagi pemilik dan operator King Air yang ingin meng-upgrade teknologi kokpit pesawatnya.”

Garmin’s G1000 NXi dapat menyuguhkan flight display modern dengan sistem pemrosesan yang cepat. Tampilan grafisnya pun baik dan dilengkapi dengan sistem LED back-lighting. Peningkatan kemampuan avionik ini antara lain meliputi penyajian peta perjalanan, visual approach, sistem ADS-B, VFR dan IFR chart, dan memiliki animasi pada tampilan radar cuaca.

Dengan memasang G1000 NXi, keuntungan lain juga bisa didapat. G1000 NXi bisa mengurangi berat pesawat King Air, sehingga dapat dikompensasikan dengan peningkatan jumlah basai, penumpang, atau bahan bakar. G1000 NXi juga terintegrasi dengan lightweight air data and attitude heading reference system (ADAHRS). Yang juga menjadi keunggulan, proses upgrade avionik ke G1000 juga relatif cepat, karena beberapa konektornya kompatibel dengan yang lawas.

Foto: Textron Aviation

Be the first to comment

Leave a Reply