Asian Games 2018 Usai, Soekarno Hatta Padat




Asian Games 2018. Foto: Asiangames2018.id

Merujuk pada data yang dikeluarkan INASGOC selaku organizing committee Asian Games 2018, tidak kurang dari 3.000 gelombang kepulangan.  Bandara Internasional Soekarno-Hatta pun telah menyiapkan Terminal 2 dan 3 untuk proses kepulangan atlet dari 45 negara. Sementara itu, Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang juga telah bersiap diri. Diperkirakan puncak kepulangan terjadi pada 3-4 September 2018.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin menegaskan bahwa persiapan matang telah dilakukan Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dalam mendukung kelancaran proses kepulangan para atlet.

Awaluddin mengatakan,”Sesuai arahan Bapak Presiden bahwa kita harus menjadi tuan rumah yang baik. Oleh karena itu, Angkasa Pura II selaku pengelola bandara harus memberikan yang terbaik. Mulai dari safety, security, services, dan compliance. Khusus untuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah beropasi 72 parking stand di T3 dengan dilengkapi 41 garbarata sedangkan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang mengoperasikan 18 parking stand dan 8 garbarata untuk kepulangan para atlet.”

Pada masing-masing bandara juga telah disiapkan pelayanan khusus atlet diantaranya jalur bersticker khusus para atlet dalam terminal bandara, posko Asian Games 2018 yg siap membantu keperluan transportasi dan logistik para atlet, penanganan khusus bagi atlet yang mengalami cedera atau trauma, pemberian souvenir kepada para ketua delegasi dan atlet, serta penangana kemudahan dalam berkoordinasi dengan pihak maskapai. Hingga saat ini, tercatat atlet yang telah meninggalkan Kota Palembang dan Jakarta tercatat sebanyak kurang lebih 11.000 kontingen.

Awaluddin mengungkapkan bahwa jumlah kepulangan atlet dari Palembang dan Jakarta sudah lebih dari 50%. Diperkirakan akan bertambah jumlahnya usai acara penutupan Asian Games 2018 yang dilakasanakn pada 3 September 2018. “Atlet yang tiba di Palembang sekitar 5.000 sedangkan yang sudah kembali ke negara asalnya mencapai lebih dari 3.000. Untuk Jakarta Jumlah kepulangan atlet akan melonjak diperkirakan mulai dari 3 September”, jelas Awaluddin