April, Penerbangan Internasional di Terminal 3 Ditarget Mulai Beroperasi



April mendatang, penerbangan internasional di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta ditargetkan PT Angkasa II (persero) sudah mulai beroperasi. Presiden Direktur PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin mengatakan, persiapan terus dilakukan.

Mulai dari sisi customs, immigration, ataupun quarantine (CIQ), termasuk persiapan peralatan X-ray, body scanner untuk customs maupun immigration. ”Tahapannya saat ini sudah memasuki verifikasi internal sampai nanti menjelang 1 April 2017, selanjutnya akan divalidasi oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub,” kata Awaluddin.

Peluncuran perdana penerbangan internasional di Terminal 3, kata Awaluddin, akan dimulai dengan penerbangan =Garuda Indonesia. Tahap uji coba sendiri telah dilakukan secara bertahap, seperti simulasi alur trafik penumpang.

”Terus kita kemarin simulasi pada saat pesawat block on, garbarata berfungsi atau tidak. Nanti kita simulasi juga yang sudah kita lakukan untuk simulasi CIQ. Tahap awal penerbangan dilakukan satu maskapai Garuda Indonesia dulu. Nanti Mei, Skyteam delapan hingga sembilan maskapai internasional,” jelasnya.

Awaluddin menargetkan setelah Idul Fitri 2017, penerbangan internasional di Terminal 3 akan operasi secara penuh dengan 30 maskapai internasional. ”Karena Juni itu Lebaran Idul Fitri, trafik juga tinggi, maka kita kondisikan operasi full untuk penerbangan internasional pada Juli 2017,” ungkap dia.

Foto: Joe Roland S Bokau / Indoaviation.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply