April 2017, Garuda Beroperasi Penuh di Terminal 3



Mulai April 2017, maskapai Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta akan secara penuh beroperasi di Terminal 3. Saat ini, maskapai yang mengisi terminal terbesar di Indonesia tersebut adalah penerbangan domestik Garuda Indonesia, sedangkan penerbangan internasionalnya masih bertempat di Terminal 2.

“Pada April 2017 ini juga akan dioperasikan Terminal 3 untuk penerbangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta, di mana tahap pertama yang akan beroperasi adalah airline Garuda Indonesia untuk rute internasional. Kemudian, maskapai yang terafiliasi di dalam Sky Team mulai membuka rute internasional di Terminal 3 pada bulan Mei tahun ini,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin melalui keterangan tertulis.

Pemanfaatan Terminal 3 Soekarno-Hatta dilakukan secara bertahap mengingat saat resmi digunakan pada Agustus 2016 lalu, belum semua bagian bangunan rampung dikerjakan. Juli 2017 mendatang, Awaluddin menargetkan, semua maskapai internasional akan beroperasi di Terminal 3.

Pemindahan operasional sejumlah maskapai dilakukan dalam rangka realisasi pembenahan besar-besaran di Bandara Soekarno-Hatta yang dinamakan sebagai Grand Design Bandara Soekarno-Hatta.

Setelah semua penerbangan internasional dimaksimalkan di Terminal 3, bangunan Terminal 1 dan 2 akan menjalani revitalisasi guna meningkatkan kapasitas penumpang yang bertambah setiap tahunnya.

Foto: Joe Roland S Bokau / Indo-Aviation.com