AP I Tingkatkan Kapasitas Bandara Internasional Lombok



PT Angkasa Pura I (AP I) berencana meningkatkan kapasitas dan daya tampung Bandara Internasional Lombok (BIL), karena terminal bandara saat ini telah melebihi kapasitas (overload). Salah satu cara peningkatan kapasitas adalah perluasan area terminal serta membangun fasilitas terminal yang baru. Perluasan BIL direncanakan akan dimulai tahun 2018.

“Saat ini kita masih mengkaji kondisi terminal. Termasuk tren peningkatan jumlah penumpang. Jika memang harus dilakukan, baru kita usulkan untuk perluasan terminal,” ujar General Manajer AP I Bandara Internasional Lombok, I Gusti Ngurah Ardita, Sabtu (28/1).

Menurut Ardita, jika dilihat dari jumlah penumpang pesawat selama tahun 2016 kemudian dibandingkan dengan daya tampung terminal saat ini telah melebihi kapasitas yang ada. Pada tahun lalu, jumlah penumpang di BIL mencapai hampir 3,5 juta penumpang. Sedangkan daya tampung terminal saat ini hanya sekitar 3,2 juta penumpang per tahun, dengan rata-rata penumpang mencapai 11-12 ribu orang per hari, atau meningkat 34 persen jika dibandingkan dengan rata-rata penumpang tahun 2015.

“Dengan catatan tersebut, menempatkan BIL sebagai bandara dengan persentase peningkatan penumpang tertinggi kedua di antara bandara-bandara lainnya di bawah PT. AP I, setelah Bandara (Adi Sumarmo) Solo,” tambahnya.

Foto: lombok-airport.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply