AP I Siapkan Rp 1 Triliun untuk Kembangkan Lima Bandara Baru



Untuk pengembangan lima bandara baru pada 2017, Operator 13 bandara di Indonesia timur, PT Angkasa Pura I, akan menyiapkan dana Rp 1 triliun. Lima bandara yang akan dikembangkan adalah Sentani Jayapura, Mutiara SIS Al-Jufrie Palu, Juwata Tarakan, Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur, dan Bandara Luwuk Banggai Sulawesi Tengah.

Seperti diungkapkan Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) I Danang Baskoro, surat kesiapan sudah dikirim AP I kepada Kementerian Perhubungan, selaku regulator pada pekan lalu terkait pengambilalihan bandara.

“Investasinya tidak terbatas, akan disesuaikan dengan kebutuhan. Yang pasti, dikelola oleh AP I itu agar bandara menjadi lebih baik. Artinya kalau kapasitas kurang, kita tambah, kalau runway kurang panjang, kita perpanjang,” katanya dilansir Bisnis.com.

Saat ini, kata Danang, perseroan masih mengurus proses pengambilalihan kelima bandara itu. Menurutnya, AP I akan mengikuti proses lelang, khususnya pada bandara yang telah berstatus sebagai badan layanan umum (BLU).

Namun, dia optimistis kelima bandara tersebut bisa dikelola AP I pada tahun ini. Apalagi, pemerintah tengah mempercepat peningkatan konektivitas, melalui pengembangan bandara, khususnya di pelosok daerah.

“Budget negara kan terbatas. Sentani misalnya, kalau bandara masih dikelola pemerintah, pengembangannya bisa tidak signifikan. Nah, kalau dikelola oleh badan usaha, bisa cepat dikembangkan, dan sesuai dengan kebutuhan,” tuturnya.

Danang menambahkan AP I juga membentuk tim khusus untuk mengambil alih pengelolaan kelima bandara tersebut. Dia berharap keberadaan tim khusus tersebut dapat mempercepat proses pengambilalihan bandara.

Foto: panoramio.com

Be the first to comment

Leave a Reply