AP I Sesalkan Aksi Massa di Bandara Sam Ratulangi



PT Angkasa Pura I (Persero) menyesalkan aksi massa yang dilakukan oleh ormas di bandara yang merupakan objek vital nasional yang dilarang untuk melakukan unjuk rasa seperti yang dituangkan pada Undang-undang Nomor 9 tahun 1998 tentang mengemukakan pendapat di tempat umum.

“PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola bandara Sam Ratulangi telah mengantisipasi aksi massa tersebut dengan melakukan koordinasi dengan gabungan petugas keamanan yang terdiri dari Polda, Brimob dan TNI AU sesuai dengan Airport Security Program (ASP),” tulis Angkasa Pura I dalam rilisnya, Sabtu (13/5).

Hal ini dikarenakan sekelompok organisasi masyarakat (ormas) pada Sabtu pagi (13/5) berkumpul di bandara Sam Ratulangi dan berorasi menolak kedatangan FPI namun beralih kepada penolakan kehadiran Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah. Massa berkumpul di area parkir selanjutnya ke area halaman VIP hingga menyebabkan kepadatan dan kemacetan lalu lintas di area bandara Sam Ratulangi.

Situasi sempat memanas dimana massa menerobos masuk ke terminal melalui terminal kedatangan dan tidak ada kerusakan fasilitas bandara hanya railing yang terlepas serta pintu otomatis yang dilepas untuk menghindari bentrokan dengan masa yang akan masuk dengan menggunakan baju adat minahasa lengkap dengan pedangnya untuk mencari Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah. Massa juga sempat memasuki area service road bandara. Berkat koordinasi dan kesigapan dari personil Avsec, Polda, Brimob, dan TNI AU yang juga telah berjaga dari pagi massa berhasil dihalau keluar dan area service road dengan tertib serta steril dari massa.

Situasi massa yang ramai di bandara membuat manajemen mengambil langkah untuk memperketat keamanan penumpang pada Screening Check Point (SCP) dengan memberlakukan SCP buka tutup yang didampingi oleh Kepolisian dan anggota Brimob.

Secara umum operasional di bandara Sam Ratulangi berjalan normal dan tidak terganggu oleh orasi massa. Tercatat 7 penerbangan keberangkatan mengalami keterlambatan dikarenakan kedatangan pesawat.

Sorenya, situasi di bandara Sam Ratulangi telah kembali kondusif dan orasi massa telah berakhir. Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah dan rombongan telah kembali ke Jakarta menggunakan GA 601. Proses pembersihan sudah selesai dan fasilitas bandara telah beroperasi normal.

Foto: Angkasa Pura I

Be the first to comment

Leave a Reply