AP II Singkirkan Bangkai 10 Pesawat di Bandara Halim



Setelah membersihkan sembilan bangkai pesawat di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Tangerang, Angkasa Pura II (AP II) bakal menyingkirkan bangkai 10 pesawat mangkrak yang terparkir di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta. Penyingkiran bangkai pesawat itu dilakukan agar Bandara Halim Perdanakusuma lebih bersih dan lebih indah dipandang.

General Manager Angkasa Pura II Bandara Halim Perdanakusuma Iwan Krishadianto mengatakan bahwa 10 pesawat yang akan disingkirkan itu antara lain milik maskapai penerbangan Riau Airlines (tiga unit), Air Maleo (dua unit), serta masing-masing satu unit milik maskapai penerbangan Sky Aviation, Indonesia Air Transport, Gatari Air, Enggang Air, dan Premi Air. “Sebenarnya masih banyak yang kecil-kecil milik flying school, tapi saya tidak ingat jumlahnya. Semua sudah kami berikan surat kedua untuk mengambil pesawat miliknya dan menyelesaikan biaya administrasi ke kami bulan lalu” ujar Iwan.

Menurut Iwan, saat ini Angkasa Pura II masih menunggu respon dari masing-masing maskapai penerbangan. Jika tidak ada kabar hingga akhir September, maka Angkasa Pura II akan mengirimkan surat pemberitahuan ketiga. “Kalau sampai surat ketiga tidak ada berita juga dari mereka, kami harus membuat pengumuman resmi di surat kabar bahwa kami terpaksa akan melakukan scrapping pesawat tersebut,” katanya.

Iwan menambahkan, satu-satunya maskapai penerbangan yang aktif berdiskusi dengan Angkasa Pura II terkait dengan penyingkiran bangkai pesawat adalah Riau Airlines. “Tinggal tunggu saja aksi mereka seperti apa. Sementara ini sudah banyak orang yang berminat mengambil pesawat-pesawat tersebut utuh untuk keperluan komersil. Ada yang mau menjadikannya restoran, macam-macam,” kata Iwan.

Foto: Wikimedia

Be the first to comment

Leave a Reply