AP II Minta Suntikan Dana Rp 2 Triliun kepada Pemerintah



Angkasa Pura II  (AP II) selaku salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bertig mengelola bandara di Indonesia, mengajukan Penanaman Modal Negara (PMN) sebesar Rp 2 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2016. Rencananya dana itu akan digunakan oleh Angkasa Pura II untuk membangun landasan pacu ketiga di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta.

Direktur Utama Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pembangunan landasan pacu ketiga di Bandara Soekarno-Hatta dimulai pada tahun ini, dengan tahap awal melakukan pembebasan lahan. Landasan pacu ketiga ini akan memiliki panjang 3.600 meter dan diharapkan bisa menaikkan jumlah pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta dari 72 pergerakan per jam menjadi 100 pergerakan per jam. “Iya untuk landasan pacu ketiga itu,” ujarnya.

Bandara Soekarno-Hatta merupakan bandara paling padat di Indonesia. Tidak jarang pesawat yang akan terbang dan mendarat harus antre cukup lama menunggu giliran. Selain itu, maskapai penerbangan yang ingin melakukan ekspansi pun kesulitan karena jumlah pergerakan pesawat terutama di jam-jam sibuk sudah sangat maksimal.

Foto: Tri Setyo Wijanarko/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com 

Be the first to comment

Leave a Reply