AP II Masih Perlu Dana Rp 2,1 Triliun untuk Bangun Terminal 3



Angkasa Pura II (AP II) mengaku masih membutuhkan dana sebesar Rp 2,1 triliun untuk melanjutkan pembangunan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta Jakarta. Dengan alasan itu, Angkasa Pura II sedang mendekati bank-bank BUMN untuk mendapatkan pinjaman dana.

Direktur Keuangan Angkasa Pura II Andra Y. Agussalam menuturkan, perusahaan sangat memerlukan pinjaman dana senilai Rp 2,1 triliun lantaran ada bagian dari Terminal 3 yang wajib dibayar ketika proses pembangunan telah selesai. “Sekarang pembangunan fisik Terminal 3 sudah 80 persen, tapi ada beberapa pembayaran yang dibayar belakangan. Contohnya baggage handling system yang dipasang dulu baru dibayar belakangan,” jelas Andra.

Menurut Andra, rencananya Terminal 3 Ultimate beroperasi mulai tahun depan, sehingga perusahaan berharap bisa mendapatkan dana sesegera mungkin. Andra mengatakan, Angkasa Pura II sudah melakukan pendekatan dengan beberapa bank BUMN, dan beberapa di antaranya sudah memberikan lampu hijau. “Bank Rakyat Indonesia (BRI) sudah mendekat, dan kita juga sudah jajaki ke dua bank BUMN lainnya. Tak menutup kemungkinan nanti ketiga bank tersebut melakukan sindikasi dan memberi pinjaman kepada kami,” kata Andra.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply