AP I akan Tambah Kapasitas Penumpang di Bandara Sam Ratulangi



Angkasa Pura I (AP I) berencana meningkatkan kapasitas penumpang di Bandara Sam Ratulangi Manado menjadi 4 juta penumpang per tahun. Selama ini Bandara Sam Ratulangi hanya mampu menampung sekitar 2,3 juta penumpang per tahun, sedangkan penumpang yang melewati bandara itu terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Direktur Teknik Angkasa Pura I Polana BP mengatakan bahwa peningkatan kapasitas penumpang di Bandara Sam Ratulangi bisa memanfaatkan kawasan di sebelah selatan terminal, sehingga akan ada peningkatan luas sebesar 4.000 meter persegi. “Rencana perluasan ini masih ada di master plan, masih kita kaji. Kita akan bangun di lantai satu dan dua, serta pemanfaatan lantai tiga untuk lounge,” ujarnya.

Polana menuturkan, untuk pembangunan terminal di Bandara Sam Ratulangi ini Angkasa Pura I akan menyediakan dana sebesar Rp 95 miliar, dengan program pembangunan dimulai pada semester pertama 2016 atau awal semester kedua 2016. “Seperti pada pembangunan bandara 2001 lalu, kita menggunakan sumber dana internal, mungkin juga akan ada pinjaman dari luar negeri,” ungkap dia.

Foto: Angkasa Pura I

Be the first to comment

Leave a Reply