Ancillary Revenue? Apakah itu?



Pernahkah Anda mengalami hal seperti ini: memesan tiket pesawat secara online dan menemui begitu banyak pilihan makanan atau bagasi yang bisa dibeli melengkapi tiket pesawat itu sendiri ?

Maskapai saat ini mengandalkan pemasukan tambahan di luar tiket pesawat, atau disebut juga ancillary revenue. Tidak hanya maskapai berbiaya rendah saja yang mendorong pemasukan ancillary ini, tetapi maskapai layanan penuh juga mulai serius menggarap pemasukan tambahan ini. Pemasukan tambahan diperlukan untuk menutupi tingginya biaya operasional, sambil berupaya menjaga harga tiket tetap kompetitif.

Apa saja sih yang biasanya diandalkan sebagai pemasukan tambahan ini ?

  1. Bagasi. Biasanya disediakan dalam beberapa pilihan, 15 kg, 25 kg, dan seterusnya. Harganya pun bervariasi. Maskapai umumnya memberikan harga diskon untuk pembelian bagasi secara online, dan mengenakan tarif yang lebih mahal kalau membeli bagasi di bandara. Jangan lupa perhatikan juga syarat dan ketentuan mengenai bagasi ini. Beberapa bagasi khusus (peralatan olahraga atau musik misalnya) mungkin bisa dipisahkan lagi tarifnya.
  2. Pemilihan kursi. Ingin duduk di kursi favorit ? Maskapai bisa menjaga kursi favorit anda supaya tidak ditempati orang lain. Biasanya dilakukan bersamaan ketika pemesanan tiket.
  3. Makanan dan minuman. Maskapai berbiaya rendah menjual makanan dan minuman di atas pesawat, dan anda bisa memesannya sebelum makanan favorit anda dipesan penumpang lain.
  4. Souvenir dan merchandise lainnya. Biasanya berupa barang eksklusif dan dapat menjadikan penerbangan anda lebih berkesan.
  5. Barang bawaan ke kabin. Jangan kaget kalau beberapa maskapai juga mengenakan biaya atas barang bawaan ke kabin.
  6. Check in. Jangankan check in di bandara, check in secara online saja anda bisa dikenakan biaya tambahan.
  7. Asuransi tambahan. Lazimnya, tiket pesawat yang anda beli sudah termasuk asuransi. Tetapi ada maskapai yang menawarkan asuransi tambahan yang melindungi anda dari penerbangan yang terlambat atau bahkan dibatalkan sekalipun.
  8. Antrian prioritas. Tidak ingin berdesak-desakan masuk ke pesawat, antrian khusus ini mungkin perlu anda beli.
  9. Perubahan reservasi. Mau merubah waktu keberangkatan ? Siap-siap untuk mengeluarkan biaya tambahan yang mungkin tidak sedikit.
  10. Inflight entertainment. Cepat bosan selama penerbangan ? Maskapai dapat membantu anda membunuh kebosanan anda. Jangan lupa siapkan pengeluaran ekstra.
  11. Internet. Maskapai bisa menyewakan komputer tablet atau anda bisa menggunakan tablet anda sendiri, atau apapun itu asal bisa mengakses WiFi. Sangat membantu anda untuk tetap terhubung ke dunia luar.
  12. Akses ke Executive Lounge. Bersantai sebelum terbang ? Bisa saja. Silahkan masuk ke executive lounge dan nikmati hidangan yang ada.

Be the first to comment

Leave a Reply