Akhirnya Ignasius Jonan Meminta Maaf Kepada Rusdi Kirana



Menteri Perhubungan akhirnya angkat bicara terkait dengan somasi yang dilayangkan oleh Rusdi Kirana dan Lion Group kepadanya. Dia pun meminta maaf jika pernyataan yang telah dibuatnya menyinggung Rusdi Kirana secara pribadi maupun Lion Group sebagai perusahaan.

Permintaan maaf Ignasius Jonan disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (17/11/2015). “Menteri Perhubungan menyampaikan permintaan maaf dan menarik pernyataan yang dianggap memberatkan, serta menganggap persoalan ini selesai,” ungkap Suprasetyo.

Suprasetyo menjelaskan, dalam pernyataannya pada Jumat (13/11/2015), Jonan tidak menyebut atau menuduh Rusdi Kirana ingin menduduki jabatan sebagai Menteri Perhubungan. Selain itu, Jonan juga tidak menyebut atau menuduh Lion Group merekomendasikan penutupan Bandara Budiarto Curug. “Tidak ada niat atau tendensi sedikit pun dalam pernyataan Menteri Perhbuungan untuk mendiskreditkan saudara Rusdi Kirana dan Lion Group,” katanya.

Perseteruan antara Ignasius Jonan dan Rusdi Kirana bermula dari pernyataan Jonan terkait dengan penolakan pembangunan Bandara Lebak yang digagas oleh Lion Group dan Maja Raya Indah Semesta (MRIS). Ketika menghadiri pertemuan Asosiasi Maskapai Asia Pasifik (AAPA) ke-59 di Bali, Jumat (13/11/2015), Jonan enggan disebut sebagai Menteri Perhubungan yang pernah menutup sekolah penerbang demi terwujudnya bandara baru. “Kalau Pak Rusdi Kirana menggantikan saya, silakan menutup Bandara Curug. Saya tidak mau suatu hari dianggap sebagai Menteri Perhubungan yang menutup sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI),” kata Jonan.

Merasa tidak pernah berkeinginan menutup Bandara Budiarto Curug dan tidak berkeinginan menjadi Menteri Perhubungan, somasi kemudian dilayangkan melalui surat nomor 001/SMS/HAH/XI/15 oleh Rusdi Kirana dan Presiden Direktur Lion Group Edward Sirait melalui surat nomor 002/SMS/HAH/XI/15 kepada Menteri Perhubungan atas pernyataannya terkait penolakan usulan Bandara Lebak.  “Kami telah meminta Pak Jonan untuk meralat perkataannya yang mencemarkan nama baik kami sejak Sabtu lalu, namun sampai hari ini tidak menemukan jawaban, karena itu kami somasi Menteri Perhubungan,” kata Rusdi.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply