Akhir Oktober, KNKT Keluarkan Hasil Investigasi Kecelakaan QZ8501



Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan bahwa Komite Nasional Keamanan Transportasi (KNKT) akan mengeluarkan hasil investigasi akhir terkait dengan kecelakaan penerbangan Indonesia AirAsia QZ8501 rute Surabaya-Singapore yang terjadi pada akhir Desember 2014 lalu. “Hasil KNKT mestinya keluar sebentar lagi, Oktober ini,” kata dia.

Menurut Jonan, Kementerian Perhubungan masih akan tetap membekukan izin rute penerbangan Surabaya-Singapore yang dimiliki oleh Indonesia AirAsia selama hasil investigasi dari KNKT belum keluar. Artinya, hingga kini Indonesia AirAsia belum diizinkan menerbangi kembali rute penerbangan Surabaya-Singapore.

Jonan menambahkan, setelah KNKT mengeluarkan hasil investigasi, Indonesia AirAsia pun tidak bisa langsung mendapatkan lampu hijau untuk menerbangi kembali rute Surabaya-Singapore, melainkan harus melakukan sejumlah pembenahan yang ada di dalam corrective action plan (CAP) sesuai yang diminta oleh KNKT. “Saya masih bekukan rute itu sampai hasil KNKT keluar, lalu corrective action plan untuk airline dilakukan oleh airline yang bersangkutan. Lalu, kami akan memeriksanya, baru mungkin akan kami berikan izinnya kembali,” ungkap Jonan.

Foto: Tri Setyo Wijanarko/PhotoV2.com for Indo-Aviation.comĀ 

Be the first to comment

Leave a Reply