Akhir 2016, XpressAir Target Bisa Terbangi Rute Pekanbaru – Bandung



Akhir 2016, XpressAir menargetkan untuk segera bisa mengoperasikan rute Pekanbaru-Bandung. Kepala Stasiun XpressAir Cabang Pekanbaru, Rizon Jayadi menuturkan rute ini diestimasi akan beroperasi pada bulan Desember di tahun 2016 ini.

“Tim komersial operator dari maskapai penerbangan tersebut tengah menunggu tambahan dua unit pesawat Boeing 737-500,” kata Rizon.

Rute Pekanbaru-Bandung ini, kata Rizon, sengaja dilirik XpressAir karena untuk melayani transportasi udara pada bidang pariwisata dan bisnis di Kota Pekanbaru.

Maskapai penerbangan yang berdiri pada tahun 2003 ini telah melayani 38 rute dengan jumlah armada sebanyak 14 unit pesawat dari berbagai tipe, seperti Dornier 328-800 dan Boeing 737 seri 300/500.

Xpress Air sendiri beroperasi di Pekanbaru sejak 18 Desember 2015 dan telah melayani tiga rute penerbangan, antara lain rute pulang-pergi Palembang-Pekanbaru, Pekanbaru-Tanjungpinang dan Pekanbaru-Malaka. (ATR)

Sebelumnya, rute ini diterbangi Indonesia AirAsia namun ditutup pada Agustus 2016 yang lalu dengan alasan modal perusahaan milik pengusaha Malaysia tersebut.

Dengan demikian, maka otomatis rute penerbangan Pekanbaru-Bandung hanya dilayani satu operator dari grup maskapai Garuda Indonesia, yakni Citilink Indonesia dengan jadwal pergi pulang satu kali sehari.

Foto: Andika Primasiwi / Indo-Aviation.com