AirNav Akan Kaji Ulang Lalu Lintas Udara Bandara Pondok Cabe



Bandara Pondok Cabe yang terletak di Tangerang Selatan, Banten, akan digunakan oleh maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia untuk melayani penerbangan komersial mulai Maret 2016. Dalam penerbangan itu Garuda Indonesia menggandeng Pertamina selaku pemilik bandara dan Pelita Air Service sebagai pengelola bandara.

Direktur AirNav Indonesia Bambang Tjahyono mengungkapkan bahwa sebelum bisa digunakan untuk melayani penerbangan komersial, lalu lintas udara di Bandara Pondok Cabe perlu diatur ulang lantaran lokasinya dekat dengan Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta yang kerap digunakan untuk melayani penerbangan VIP maupun VVIP. “Katanya Garuda mau pakai ATR 72. Nanti kita kaji dulu karena dekat dengan Bandara Halim juga maka harus diatur ketinggiannya berapa. Nanti kita lihat dulu,” kata dia.

Bambang mengaku sudah menerima surat permohonan slot penerbangan dari operator bandara dan Garuda Indonesia, namun permintaan itu masih akan dikaji terlebih dahulu. “Nanti kita pelajari karena surat permohonannya yang resmi baru masuk. Nanti berdasarkan surat itu, kita akan pelajari bagaimana ruang udaranya,” tambah Bambang.

Menurut Bambang, dalam pengajuan izin slot itu pihak AirNav Indonesia tidak bisa serta-merta memberikan izin karena harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan Kementerian Perhubungan selaku regulator. “Nanti kita kaji sama-sama dengan Direktur Navigasi (Kementerian Perhubungan). Pada Prinsipnya, kalau ada bandara harus dimanfaatkan, tetapi pemanfaatannya seperti apa yang harus diperhatikan,” tutur Bambang.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply