Airbus Tegaskan A320neo Pertama Dikirimkan kepada Lufthansa



Produsen pesawat asal Eropa, Airbus, menegaskan bahwa pesawat A320neo (new engine option) yang pertama akan dikirimkan kepada maskapai penerbangan Jerman, Lufthansa, meskipun pada awalnya Qatar Airways lah yang direncanakan sebagai launch customer pesawat baru tersebut.

“Kami telah mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan bahwa Lufthansa akan menjadi maskapai penerbangan pertama untuk memulai alur pengiriman. Selanjutnya kami mengonfirmasi Lufthansa akan menjadi launch customer A320neo pada tahun ini,” kata Airbus seperti dilansir Nasdaq.

Seharusnya Qatar Airways yang menjadi penerima dan operator pertama pesawat A320neo. Namun, maskapai penerbangan yang berbasis di Doha itu menolak menerima kedatangan pesawat karena menganggap masih ada sejumlah permasalahan pada bagian mesin yang dibuat oleh Pratt & Whitney.

A320neo merupakan versi upgrade dari pesawat paling laris buatan Airbus, yaitu A320. Airbus mengklaim A320neo memiliki efisiensi bahan bakar hingga 15 persen dibandingkan dengan A320 yang beredar saat ini. Lufthansa sendiri telah memesan sebanyak 101 pesawat A320neo Family yang terdiri dari 61 A320neo dan 40 A321neo yang merupakan varian dengan kapasitas lebih besar.

Foto: Airbus

Be the first to comment

Leave a Reply