Airbus Tawarkan A380 dengan 615 Kursi kepada Saudi Arabian Airlines



Airbus, pabrikan pesawat yang berbasis di Toulouse, Perancis, menawarkan pesawat superjombo Airbus A380 dengan konfigurasi dua kelas berkapasitas 615 kursi kepada maskapai penerbangan Saudi Arabian Airlines. Beberapa tahun terakhir ini Airbus memang kesulitan mendapatkan pembeli bagi pesawat penumpang komersial terbesar di dunia tersebut.

Dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg, Managing Director Airbus wilayah Timur Tengah Fouad Attar mengatakan bahwa pesawat Airbus A380 dengan kapasitas 615 kursi cocok digunakan oleh Saudi Arabian Airlines, khususnya dalam menghadapi permintaan penerbangan haji dan umroh.

Sebelumnya maskapai penerbangan asal Dubai, Emirates, sudah mengoperasikan pesawat Airbus A380 dengan konfigurasi dua kelas berkapasitas 615 kursi pada rute penerbangan antara Dubai dan Copenhagen. Pesawat itu diisi dengan 58 kursi kelas bisnis dan 557 kursi kelas ekonomi.

Selain itu, maskapai penerbangan Air Austral juga sudah berkomitmen membeli dua pesawat Airbus A380 dengan konfigurasi satu kelas berkapasitas 840 kursi. Sayangnya, Air Austral terus menunda pengiriman pesawat yang dijadwalkan pada tahun 2014. Perusahaan penerbangan yang berbasis di Reunion ini berencana menerbangkan pesawat superjumbo itu untuk melayani penerbangan ke Paris, tapi kemudian membatalkannya dan lebih memilih menggunakan pesawat yang lebih kecil dan lebih fleksibel seperti Boeing 787-8 Dreamliner.

Foto: Wikimedia

Be the first to comment

Leave a Reply