Airbus Kirimkan A321neo Pertama ke Maskapai



Pabrikan pesawat ternama Eropa, Airbus, pada Kamis (20/4) telah mengirimkan pesawat narrow body terbarunya, Airbus A321neo kepada maskapai asal Amerika Serikat, Virgin America, dalam sebuah seremoni di Hamburg, Jerman.

“Setelah Virgin America menjadi pelanggan pertama yang menandatangani A320neo pada Desember 2010, hari ini kami senang untuk mengirimkan A321neo pertamanya kepada mereka,” ucap Fabrice Brégier, Airbus Chief Operating Officer and President Commercial Aircraft.

“A321neo baru yang didukung oleh mesin generasi lanjut CFM LEAP-1A menjamin tingkat efisiensi baru dan jangkauan yang lebih jauh kepada operatornya, kenyamanan yang lebih besar bagi penerbangan publik dan emisi dan kebisingan yang lebih sedikit ke komunitas bandara,” tambah Brégier.

Sementara itu, President Virgin America Peter Hunt mengatakan bahwa Virgin America merasa terhormat telah menjadi operator pertama dari pesawat ini.

“A321neo yang baru – anggota ketiga dari keluarga Airbus A320 untuk bergabung dengan armada Virgin America kami – akan memungkinkan kami untuk mengurangi biaya unit kami dan memungkinkan kami mengurangi emisi karbon kami lebih jauh,” kata Hunt.

A321neo terbaru akan menjadi pesawat terbesar di armada Virgin America dengan 185 kursi, 24 persen lebih tinggi dengan tingkat kenyamanan yang sama dengan A320-nya saat ini. Pesawat ini diperkirakan akan memulai layanan perdananya pada 31 Mei mendatang dengan penerbangan perdana dari Bandara Internasional San Francisco menuju Bandara Ronald Reagan, Washington.

Hingga saat ini, Virgin America mengoperasikan 63 unit armada keluarga Airbus A320, yang terdiri dari Airbus A319ceo dan A320ceo dengan mesin CFM56-5B.

Foto: Airbus

Be the first to comment

Leave a Reply