Airbus Group Akan Kembangkan Mobil Terbang Otonom



Pabrikan pesawat ternama di Eropa, Airbus Group berencana untuk mengembangkan sebuah mobil terbang Airbus yang dapat mengudara. Hal ini bertujuan untuk menghindari kemacetan.

Airbus telah membentuk satu divisi baru yang bernama Urban Air Mobility. Divisi ini bertugas untuk menelusuri konsep kendaraan yang dapat mengangkut manusia layaknya helikopter. Nantinya, setiap pengguna yang ingin mengoperasikan mobil ini harus memesan terlebih dahulu dengan menggunakan sebuah aplikasi, yang mirip dengan taksi online.

CEO Airbus Group, Tom Enders mengatakan,”100 tahun lalu, angkutan umum berjalan di bawah tanah, sekarang kami memiliki teknologi yang bisa berjalan di atas tanah.” Enders juga berharap mobil konsep yang mampu mengudara ini bisa menjadi kendaraan pribadi di akhir tahun ini.

Enders juga menambahkan, pihaknya saat ini masih dalam tahap eksperimen, namun mengembangkan mobil ini dengan serius. “Dengan terbang, Anda tidak harus membayar miliaran hanya untuk membuat jalan dan jembatan,” ujarnya.

Enders juga mengungkapkan, sebagai pembuat helikopter terbesar, Airbus ingin berinvestasi dalam mengembangkan teknologi terbaru di dunia otonom dan teknologi kecerdasan buatan di era mobil terbang.

“Jika kami menolak pengembangan ini, kami bakal terlempar dari segmen bisnis yang cukup penting,” tutup Enders.

Foto: Airbus

Be the first to comment

Leave a Reply