Airbus Akan Tingkatkan Kapasitas A380



Pabrikan pesawat terkemuka dari Eropa, Airbus, pada Selasa (4/4) memperkenalkan desain tangga depan terbaru pada pesawat widebody Airbus A380. Airbus mengklaim dengan desain ulang tangga depan ini mampu menambah kapasitas sebanyak 20 penumpang atau lebih. Langkah ini merupakan kampanye yang sedang berlangsung untung meningkatkan kapasitas penumpang hingga 80 kursi, di mana hal ini dipercaya dapat memperluas daya tarik pesawat superjumbo yang penjualannya sedang melambat.

Seperti yang dilansir oleh FlightGlobal, pabrikan pesawat menunjukkan model skala tangga, yang akan ditawarkan sebagai pilihan pada pesanan masa depan. Fitur ini akhirnya bisa menjadi standar dan bahkan dapat juga tersedia sebagai retrofit, kata Roland Naudy, Aircraft Interiors Marketing Manager for A380.

Desain ulang tangga depan yang dipindah dari pintu satu ke pintu dua di dek utama dan dikombinasikan dengan akses ke area istirahat awak pesawat yang saat ini di pintu kedua. Tangga akan disesuaikan di sebelah kiri pesawat daripada menghadap ke depan. Di dek atas, tangga akan digantikan oleh area galley baru.

“Perubahan akan membuat ruang di dek utama untuk tipikal dua kursi kelas bisnis tambahan, enam kursi ekonomi premium dan 12 kursi ekonomi,” kata Naudy.

Naudy juga mengatakan, sebagian alasan untuk mendesain ulang adalah hampir semua bandara yang disinggahi A380 memungkinkan akses langsung ke kedua dek pesawat. Hal ini membuat tangga yang hampir berlebihan dari sudut pandang penumpang. Tangga depan baru ini adalah salah satu package yang fleksibel, disebut cabin enablers yang Airbus tampilkan dalam upata untuk membuat A380 lebih efisien.

“Kami menyesuaikan kapasitas yang lebih tanpa mengorbankan pesawat,” tambah Naudy.

Foto: Joe Roland S. Bokau / IndoAviation.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply