Airbus A350-1000 Sukses Jalani Fuel Test Campaign



RHOOSE, UK. 4th May 2017. Airbus 350-1000 at Cardiff International Airport.

Pabrikan pesawat dari Eropa, Airbus berhasil menyelesaikan ujicoba sistem fuel dan mesin di Cardiff, Wales, Inggris antara Rabu (3/5) dan Kamis (4/5) sebagai bagian dari ujicoba sertifikasi pesawat widebody terbaru ini.

Enginners pengujian bahan bakar dari pabrik Airbus di Filton, Bristol, siap membantu pengujian sistem fuel yang dirancang di Inggris. Tujuan dari pengujian ini adalah untuk menyimulasikan kondisi operasional di negara-negara panas dan memeriksa bagaimana sistem fuel management dan mesin berperilaku dengan bahan bakar panas, yaitu lebih dari 43 derajat Celcius.

“Hasil awal menunjukkan bahwa sistem fuel management secara efisien menangani berbagai kepadatan bahan bakar dan suhu, serta aliran bahan bakar ke mesin dan antar tangki saat udara menawarkan kinerja operasional baik,” tulis Airbus dalam keterangan tertulisnya Jumat (5/5).

A350-1000, sama seperti A350-900 memiliki sistem bahan bakar yang disederhanakan, dengan hanya tiga tangki dan pumps dan valves lebih sedikit. Ini berkontribusi pada keuntungan 25 persen biaya operasi dan merupakan contoh lain dari tingkat kesamaan yang tinggi dalam keluarga A350 XWB.

Ujicoba sistem fuel adalah bagian dari ujicoba standar untuk semua pesawat baru dan modifikasi besar seperti mesin baru. Pesawat di-fuelled dua kali sehari dan kemudian tim ujicoba melakukan sejumlah ujicoba sistem dan mesin yang dibutuhkan dengan bahan bakar panas.

Hingga saat ini, 12 pelanggan dari lima benua telah memesan Airbus A350-1000, dengan total sebanyak 211 unit.

Foto: Airbus

Be the first to comment

Leave a Reply