AirAsia Tujuan Bali Kembali Mendarat di Perth



Pesawat AirAsia Indonesia akan tinggal landas. Foto: Reni Rohmawati.

Penerbangan AirAsia QZ 535 yang bertolak menuju ke Bali, Indonesia kembali ke Perth kemarin, 15 Oktober 2017. Keputusan kembali ke Perth diambil oleh pilot pesawat karena adanya masalah teknis. Pesawat pun mendarat selamat di Bandara Internasional Perth pukul 12.40 waktu setempat.

Head of Safety Grup AirAsia, Kapten Ling Liong Tien, mengatakan, “Kami mengapresiasi pilot-pilot kami karena telah mendaratkan pesawat dengan selamat dan sesuai dengan prosedur standar operasional. Kami berkomitmen untuk menjaga keselamatan penumpang dan juga awak kabin serta kami akan terus memastikan bahwa kami mengikuti standar keselamatan yang tertinggi.”

Lebih lanjut melalui pernyataannya, Ling Liong Tien mengatakan bahwa seluruh penumpang yang terkena dampak telah dipindahkan ke penerbangan berikutnya yang tersedia dan diberikan semua bantuan yang diperlukan.

BBC memberitakan, pesawat Airbus A320 AirAsia nomor penerbangan QZ535 tujuan Denpasar Balit berbalik arah kembali ke Australia setelah terbang selama 25 menit pada hari Minggu, 15 Oktober 2017. Pesawat itu membawa 151 orang penumpang kemudian mendarat selamat di bandara asalnya di Perth. Sebuah video yang direkam di dalam kabin pesawat dan dipublikasikan media lokal menunjukkan masker oksigen pada langit-langit kabin bergelantungan, dan seorang penumpang berteriak.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden return to base itu. Head of Safety Grup AirAsia, Kapten Ling Liong Tien, atas nama AirAsia meminta maaf kepada penumpang atas ketidaknyamanan yang terjadi. “Keselamatan penumpang dan awak penerbangan adalah prioritas kami. AirAsia meminta maaf kepada penumpang atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan,”

Be the first to comment

Leave a Reply