AirAsia Kantongi Dua Penghargaan dari Grand Final World Travel Awards



AirAsia dinobatkan sebagai Maskapai Berbiaya Hemat Terbaik Dunia untuk keempat kalinya berturut-turut pada Grand Final World Travel Awards (WTA) ke-23 yang berlangsung di Male, Maladewa.

Maskapai berbiaya hemat terbesar di Asia ini mengalahkan para pesaing dari lima benua, antara lain Ryanair, easyJet, Jetstar Airways, Southwest Airlines, JetBlue Airways, Norwegian, Kulula, Mango, fastjet, flydubai, Air Arabia, flynas dan WestAir.

AirAsia juga berhasil menjadi yang terdepan dalam kategori Layanan Inflight Terbaik Dunia untuk pertama kalinya, mengungguli beberapa maskapai full-service seperti Etihad Airways, Japan Airlines, Singapore Airlines, Thai Airways, Qantas Airways, Lufthansa, American Airlines dan Air Canada.

Kesuksesan AirAsia pada kategori ini berawal dari penghargaan Layanan Inflight Terbaik di Asia dari ajang WTA pada bulan Oktober lalu, yang juga berhasil diraih untuk pertama kalinya bagi AirAsia.

World Travel Awards merupakan ajang yang bertujuan untuk memberikan penghargaan atas pencapaian para pelaku industri perjalanan dan pariwisata di seluruh sektor, berdasarkan pilihan para profesional dalam industri perjalanan maupun pelaku pariwisata kelas menengah atas.

Maskapai dinilai berdasarkan kriteria kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, kinerja secara keseluruhan, inovasi produk, pengembangan dan pengelolaan sumber daya manusia, program tanggung jawab sosial perusahaan dan kontribusi terhadap masyarakat, komitmen terhadap kebijakan berkesinambungan, serta pemenuhan visi perusahaan jangka panjang.

CEO Grup AirAsia, Tony Fernandes mengatakan, senang sekali rasanya bisa kembali dinobatkan sebagai maskapai berbiaya hemat terbaik dunia untuk keempat kalinya berturut-turut. Sebuah kehormatan bagi AirAsia untuk dapat menutup tahun yang cemerlang ini, tidak hanya dengan laporan keuangan yang baik namun juga mendapatkan pengakuan dari industri.

“Kami juga sangat bangga dengan penghargaan Layanan Inflight Terbaik Dunia yang kami raih untuk pertama kalinya. Saya selalu mengatakan bahwa awak kabin dan produk inflight kami memang luar biasa, dan hal ini terbukti karena AirAsia berhasil mengalahkan bukan hanya satu, dua, atau tiga, tetapi delapan maskapai full-service untuk meraih penghargaan ini.”

“Masih banyak lagi inovasi yang akan kami hadirkan, dan tentunya tidak hanya sebatas layanan inflight. Saat ini kami sedang mengupayakan agar penumpang merasakan pengalaman yang lebih menyenangkan di bandara. Satu hal yang menjadi perhatian kami adalah para penumpang yang menginformasikan profil perjalanannya ke petugas imigrasi, sehingga mereka bisa melalui proses pemeriksaan secara ekspres. Kami berharap dapat menguji coba layanan ini di beberapa bandara di Asean dalam waktu dekat, jadi ikuti terus perkembangannya.”

Kepala Awak Kabin Grup AirAsia, Suhaila Hassan mengatakan, “Awak kabin adalah jiwa dari sebuah maskapai dan bahagia rasanya ternyata kerja keras Allstars (sebutan untuk staf) AirAsia dalam menghadirkan layanan inflight kelas dunia mendapatkan pengakuan. Sebagian orang masih beranggapan harga murah sama dengan layanan buruk, tapi penghargaan ini justru membuktikan bahwa hemat biaya bukan berarti berkualitas rendah.”

Kepala F&B Kabin Grup AirAsia, Catherine Goh mengatakan, “Setahun terakhir ini kami bekerja keras untuk memahami keinginan pasar dan menyediakan makanan inflight yang benar-benar nikmat. Mulai dari pilihan hidangan khas dari berbagai negara Asean dalam menu ‘Santan’, hingga ragam pilihan kopi premium T&Co, semuanya disuguhkan demi menghadirkan yang terbaik kepada pelanggan kami. Kami senang para pelanggan menyukainya, karena penghargaan pada malam ini tidak mungkin diraih tanpa dukungan mereka.”

CEO roKKI, Lalitha Sivanaser mengatakan, “Layanan WiFi onboard roKKi sudah diperluas jangkauannya ke lebih banyak armada pesawat AirAsia, sehingga lebih banyak lagi penumpang yang bisa menikmati layanan ini dalam penerbangan AirAsia. Layanan WiFi sudah semakin menjadi standar bagi setiap maskapai, namun layanan yang kami sediakan termasuk yang paling mudah digunakan, terjangkau, dan paling efektif dari segi biaya.”

Foto: AirAsia