AirAsia Japan Kantongi AOC, Siap Terbang Perdana



Maskapai penerbangan berbiaya rendah AirAsia Japan sudah mendapatkan izin operasi atau Air Operator Certificate (AOC) dari regulator penerbangan di Jepang dan siap melayani penerbangan komersial perdana pada tahun 2016.

AirAsia Japan memilih Central Japan International Airport (Centrair) yang berada di prefektur Aichi sebagai hubnya. Rencananya, dari Centrair AirAsia Japan akan melayani penerbangan menuju Shin Chitose Airport di Sapporo, Sendai Airport di Sendai, dan Taiwan Taoyuan International Airport di Taipei.

Chief Executive Officer AirAsia Group Tony Fernandes mengaku sangat senang AirAsia bisa kembali ke pasar Jepang setelah mengalami kegagalan di masa lalu. “Kami sangat senang berada kembali di Jepang. Kami memiliki mitra yang fantastis di sini dan kami memiliki satu visi untuk mengubah cara perjalanan orang di Jepang,” ujarnya.

Menurut Fernandes, Centrair juga menjadi lokasi yang cocok sebagai hub AirAsia Japan. Dia optimis AirAsia Japan akan sukses mengoperasikan penerbangan dari Centrair. “Centrair Airport merupakan basis yang fantastis dan dengan rute baru kami, kami ingin melihat ke depan tidak hanya orang Jepang bisa menikmati layanan destinasi langsung kami, tapi juga menghubungkan mereka ke Asia dan sekitarnya melalui jaringan rute kami yang luas,” papar Fernandes.

AirAsia Japan pertama kali dibentuk oleh AirAsia dan maskapai penerbangan Jepang, All Nippon Airways (ANA), pada tahun 2011. AirAsia Japan kemudian melakukan penerbangan perdana pada 2012 dan bubar satu tahun kemudian. Maskapai penerbangan bekas AirAsia Japan kemudian diakuisisi penuh oleh ANA dan berganti nama menjadi Vanila Air.

Foto:

Be the first to comment

Leave a Reply