Air France Tengah Bersiap Melahirkan “Airline Baru”



A320 Air France. Foto: Air France
A320 Air France. Foto: Air France

Air France kini sedang melakukan negosiasi dengan serikat pilot dan awak kabinnya dalam rangka melahirkan sebuah “airline baru”. Negosiasi ini telah dilakukan sejak Desember 2016 lalu dan kemungkinan akan mencapai kesepakatan akhir pada akhir Februari 2017 ini.

Dalam sebuah pertemuan dengan wartawan pada 9 Februari lalu, Air France-KLM Group chief executive Jean-Marc Janaillac mengatakan “Diskusi dengan serikat penerbang tengah berlangsung beberapa minggu ini.” Diskusi itu dipimpin oleh Air France chief Franck Terner.

“Kami membicarakan sebuah perjanjian proyek baru dan kami akan meminta serikat pekerja untuk menyepakatinya,” kata Janaillac.

Perjanjian baru dengan para karyawan dalam serikat pekerja dilakukan karena saat ini Flag Carrier Perancis itu sedang dalam tahap melahirkan sebuah produk baru yang belum diberi nama. Manajemen hanya baru menyebutnya sebagai “NewCo”. Maskapai baru ini rencananya akan menerbangi jarak menengah hingga jauh dari Bandara Charles de Gaulle Paris dengan tarif yang lebih murah. Diharapkan “NewCo” dapat menjadi senjata baru maskapai penerbangan¬† itu untuk¬† mempertahankan eksistensinya di hub utama mereka, bandara Charles de Gaulle.

Perjanjian yang tengah difinalisasi itu juga menyebutkan antara lain “NewCo” akan memiliki maksimal 18 pesawat jarak menengah, dan 10 pesawat jarak jauh. Sistem dan aturan kerja di “NewCo” juga akan sama dengan Air France. “NewCo” tidak akan dijual, dan rencananya akan mulai beroperasi pada musim semi tahun ini menggunakan Airbus A320 untuk jarak menengah. Penerbangan jarak jauh “NewCo” akan beroperasi tahun depan menggunakan Airbus A340, dan diperkuat dengan A350 pada tahun 2019.

Foto: Air France

Be the first to comment

Leave a Reply