787-10 Dreamliner Sukses Jalani Penerbangan Perdana



787-10 First Flight

Pabrikan pesawat ternama asal Amerika Serikat, Boeing, sukses melaksanakan penerbangan perdana dari varian terbaru keluarga 787 Dreamliner, 787-10, di mana pesawat ini mengudara untuk pertama kalinya pada Jumat (31/3) di fasilitas Boeing South Carolina di Charleston, negara bagian South Carolina. Penerbangan perdana ini berlangsung selama 4 jam 58 menit.

“Penerbangan perdana 787-10 mengerakkan kita satu langkah lebih depan untuk memberikan pelanggan kami pesawat paling efisien di kelasnya,” kata President & CEO Boeing Commercial Airplanes, Kevin McAllister seperti yang dilansir di website Boeing.

“Pesawat ini akan memberikan operator fleksiblitas tambahan dalam mengembangkan rute jaringan mereka dan membangun keberhasilan besar dari keluarga 787 Dreamliner,” tambah Kevin.

Bertindak sebagai pilot pada penerbangan perdana ini adalah Capt. Tim Berg dan Capt. Mike Bryan. Keduanya merupakan pilot dari Boeing Test & Evaluation. Pada penerbangan perdana ini, kedua pulot melakukan tes pada flight controls, sistem dan handling qualities. 787-10 akan menjalani test secara komprehensif sebelum dikirimkan kepada pelanggan pada semester pertama tahun 2018.

“Dari takeoff menuju landing, pesawat dikemudikan secara indah dan tepat seperti yang diharapkan,” ucap Berg yang merupakan chief pilot 787.

“787-10 adalah mesin fantastis yang saya tahu pelanggan kami dan penumpangnya akan cinta,” tambahnya.

Sebagai stretch dari 787-9 sepanjang 5,5 meter, 787-10 akan memberikan pengalaman yang disukai penumpang dan jarak jauh dengan 25 persen fuel per seat dan emisi yang lebih baik danri pesawat yang akan diganti dan 10 persen lebih baik dari kompetitor saat ini.

787-10 meraih 149 pesanan dari sembilan pelanggan di seluruh dunia, termasuk launch customer Singapore Airlines, Air Lease Corporation, All Nippon Airways, British Airways, Etihad Airways, EVA Air, GECAS, KLM Royal Dutch Airlines dan United Airlines.

Foto: Boeing

Be the first to comment

Leave a Reply