532 Unit Pesawat Dikerahkan Untuk Angkutan Mudik Lebaran



Dalam menghadapi Lebaran tahun 2017, Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Agus Santoso mengatakan, kapasitas untuk angkutan mudik Lebaran yang telah disediakan terdapat 5.740.000 seat.

“Sementara untuk prediksi untuk tahun ini, jumlah penumpang akan mencapai 5.400.000 seats. Jadi masih ada sisa seats sekitar 300.000 seat,” kata Agus usai membuka acara “Duta Aviasi Anak Indonesia” di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (9/5).

Menurut Agus, terdapat hari-hari tertentu yang peak (padat), yang biasanya mendekati tiga hari sebelum Lebaran dan tiga hari setelah Lebaran. Sedangkan dari kapasitas secara keseluruhan, Agus mengatakan telah memenuhi dan pihaknya telah mengerahkan 532 unit pesawat terbang.

“Separuh di antaranya sudah kami adakan ramp check mulai pertengahan bulan kemarin sudah kami kerjakan, sudah dapat separuhnya, sekitar 250-an pesawat. Sehingga ke depannya nanti sisanya sampai kira-kira 2 minggu sebelum Lebaran, 532 pesawat tadi telah di-ramp check,” jelas Agus. Dirinya juga berharap, peningkatan keselamatan untuk mudik Lebaran lebih bagus daripada tahun-tahun sebelumnya.

Disinggung tentang peningkatan jumlah penumpang, menurut Agus secara keseluruhan sekitar 9 persen. Dari jumlah tersebut terdiri dari penumpang domestik naik sekitar 10 persen, sedangkan penumpang internasional sekitar 8 persen.

“Jadi rata-ratanya 9,2 persen untuk total penumpang yang akan naik dan tentunya mendekati lebaran, kami akan membuka extra flight, yang khusus kita adakan dari pesawat-pesawat yang tidak beroperasi, kita ambil dari mana tempatnya yang masih airworthy untuk dikerahkan melayani penumpang untuk arus mudik Lebaran,” papar Agus.

Agus juga menyebut, terdapat sejumlah maskapai penerbangan yang telah mengajukan extra flight dan pihaknya sedang melakukan listing dan secara intens pihaknya berkomunikasi dengan airline, agar sedini mungkin dapat di-define berapa extra flight yang dibutuhkan.

Foto: Joe Roland S. Bokau / IndoAviation.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply