30 Desember, Garuda Buka Rute Baru Yogyakarta-Surabaya



Sebelum tahun 2015 berakhir, maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia bakal melakukan ekspansi dengan membuka rute penerbangan baru. Rute penerbangan yang akan diluncurkan oleh Garuda Indonesia adalah Yogyakarta-Surabaya dengan penerbangan perdana dilakukan pada 30 Desember 2015.

General Manager Garuda Indonesia Branch Office Yogyakarta Supriyono mengungkapkan bahwa dalam pembukaan rute penerbangan Yogyakarta-Surabaya, Garuda Indonesia menargetkan penumpang dari kalangan pebisnis, wisatawan, maupun pelajar yang banyak hilir-mudik antara kedua kota. Rute penerbangan Yogyakarta-Surabaya itu sendiri akan dioperasikan dengan pesawat ATR 72-600 berkapasitas 70 kursi kelas ekonomi.

Menurut Supriyono, rute penerbangan Yogyakarta-Surabaya memiliki potensi yang sangat tinggi, mengingat Yogyakarta merupakan kota yang banyak ditingali oleh pendatang, baik untuk keperluan bisnis, pendidikan, maupun wisata. Selain itu, tidak sedikit pula pelajar atau mahasiswa asal Surabaya yang menimba ilmu di Yogyakarta. “Banyak juga agenda family visit ke sini di rute tersebut, misalnya masyarakat asal kawasan Indonesia Timur. Permintaan dari customer sebenarnya sudah sejak lama namun baru kali ini bisa terealisasikan,” kata Supriyono

Dengan adanya penerbangan langsung antara Yogyakarta dan Surabaya, Supriyono berharap Garuda Indonesia mampu memenuhi kebutuhan penumpang yang ingin melakukan perjalanan secara efisien. Garuda Indonesia sendiri optimis bisa mencatatkan tingkat isian kursi rata-rata sebesar 80 persen dari total kapasitas pada rute penerbangan Yogyakarta-Surabaya meskipun sudah ada beberapa maskapai penerbangan yang bermain pada rute yang sama.

Supriyono menambahkan, untuk sementara waktu Garuda Indonesia memang hanya akan mengandalkan pesawat baling-baling ATR 72-600. Tapi tidak menutup kemungkinan peruahaan akan mengganti dengan pesawat yang lebih besar jika memang permintaan cukup banyak. “Kalau permintaan lebih tinggi lagi, kami akan beri pesawat berkapasitas lebih besar. Diharapkan dengan adanya penerbangan langsung Garuda Indonesia rute Yogyakarta-Surabaya bisa diterima dengan positif oleh masyarakat,” tandasnya.

Foto: Joe Roland S. Bokau/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

Be the first to comment

Leave a Reply