214 Peserta Ikut Lomba Transhub Challenge



Kepala Balitbang Perhubungan Sugihardjo mengapresiasi antusiasme peserta lomba Transhub Challenge yang sudah mendaftarkan ide bisnis di sektor transportasi.

Masyarakat dan mahasiswa antusias mengikuti lomba Transhub Challenge tahun 2018 yang diselenggarakan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan (Balitbang Perhubungan). Antusiasme itu terlihat dari banyaknya peserta yang mendaftar; tercatat 214 peserta.

Kepala Balitbang Perhubungan Sugihardjo mengatakan, pihaknya bertanggung jawab untuk terus melakukan pembinaan di bidang transportasi. “Pembinaan dari regulator ini untuk meningkatkan kinerja, antara lain, melalui peningkatan kualitas pelayanan, keselamatan, dan kapasitas transportasi,” ujarnya di Jakarta, Selasa (24/7/2018).

Transhub Challenge yang pertama kali diadakan itu merupakan lomba ide bisnis di bidang transportasi bagi pelaku start-up, baik dari kalangan mahasiswa maupun masyarakat umum. Pendaftaran pesertanya secara resmi sudah ditutup pada 22 Juli 2018 pukul 23.59 WIB. Dari 214 peserta yang mendaftar, rinciannya adalah 96 peserta mahasiswa dengan tim, 29 peserta mahasiswa tanpa tim, 60 peserta kategori umum dengan tim, dan 29 peserta kategori umum tanpa tim.

Pada 23-24 Juli kemarin, lomba memasuki tahap penilaian administrasi oleh tim penilai yang independen. Setelah tahap ini, peserta terpilih masuk ke tahap pemilihan proposal ide bisnis terbaik, yang berlangsung hingga 9 Agustus 2018. Tim penilai kemudian akan memilih 20 finalis terbaik kategori mahasiswa dan umum, masing-masing 10 peserta, yang diumumkan pada 10 Agustus 2018.

Para finalis yang lolos seleksi proposal akan melakukan business pitching pada 15 Agustus 2018. Mereka pun memiliki kesempatan mendapatkan proyek Business to Business (B to B) dari pelaku transportasi. Kesempatan lainnya adalah bisa diberi investasi oleh inkubator atau perusahaan transportasi, termasuk kesempatan untuk diinkubasi.

Pemenang lomba Transhub Challenge dengan hadiah total Rp200juta akan diumumkan pada 17 Agustus 2018. Untuk masing-masing kategori, pemenang I akan mendapatkan uang tunai Rp50juta, pemenang II Rp30juta, dan pemenang III Rp20juta. Seluruh hak atas kekayaan intelektual (HAKI) ide bisnis tersebut sepenuhnya milik masing-masing peserta lomba dan dilindungi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Dengan adanya lomba Transhub Challenge, Sugihardjo pun berharap akan melahirkan inovasi dan terobosan baru yang out of the box di bidang transportasi. Nantinya, Balitbang Perhubungan yang mempunyai program Transhub Community dapat dimanfaatkan oleh peserta lomba.

Be the first to comment

Leave a Reply