2017, Sriwijaya Air Group Berencana Datangkan 12 ATR 72-600



Untuk melayani rute-rute penerbangan baru NAM Air di Indonesia timur, Sriwijaya Air Group berencana mendatangkan 12 pesawat ATR 72-600 baru secara bertahap sepanjang 2017.

Menurut Direktur Utama Sriwijaya Air Group Chandra Lie, pada 14 Desember, nota kesepahaman antara Sriwijaya Air Group dengan ATR untuk mendatangkan 12 pesawat baru sudah diteken di Kualalumpur, Malaysia. “

Sebenarnya, rencana ini sudah ada sejak 2013. Namun, kami pikir inilah saatnya untuk mendatangkan pesawat-pesawat itu. Untuk mendatangkan pesawat itu, kami menggunakan skema lease to purchase,” tuturnya seperti dilansir Bisnis.com.

Pembelian 12 pesawat ATR itu, kata Chandra, merupakan komitmen Sriwijaya Air Group untuk menangkap lebih banyak pangsa pasar penumpang pesawat ATR di daerah-daerah pelosok.

Meski demikian, dia memastikan pembelian pesawat ATR itu tidak mempengaruhi kontrak kerjasama antara Sriwijaya Air dengan Transnusa.

Pasalnya, hasil dari kerjasama itu cukup positif, terlihat dari rata-rata tingkat keterisian kursi yang mencapai 90%. Apabila tidak ada aral melintang, dua unit ATR akan datang pada Januari-Februari 2017. Lalu, empat pesawat akan didatangkan pada bulan-bulan berikutnya. Sementara, enam pesawat sisanya, harus menunggu kesiapan dari SDM.

Foto: Joe Roland S Bokau / Indo-Aviation.com