​Puncak Arus Balik Lebaran Mulai Malam ini di Bandara Adisutjipto



Kepadatang penumpang di Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Foto: Reni Rohmawati.

Kepadatan penumpang sudah terlihat di Bandara Adisutjipto Yogyakarta malam ini (30/6) atau H+4. Area keberangkatan (boarding) terlihat padat dan beberapa penumpang terpaksa berdiri atau duduk di lantai menunggu panggilan untuk masuk pesawat udara.

Beberapa penerbangan memang berangkat hampir bersamaan, seperti Lion Air, Batik Air, dan Garuda Indonesia tujuan Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta). Ada juga Lion Air yang terbang ke Balikpapan pada waktu antara pukul 19.00 dan pukul 20.00. Belum lagi Citilink Indonesia yang terbang ke Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta.

Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso mengatakan, arus balik akan terjadi H+5 dan H+6 atau hari Sabtu dan Minggu tanggal 1-2 Juli. Namun pada malam H+4 sudah terlihat kepadatan penumpang itu. Direktur Personalia dan SDM PT Angkasa Pura (AP) I, Adi Nugroho mengakui, kapasitas terminal di Bandara Adisutjipto sudah sangat tidak mencukupi. Bahkan pergerakan penumpangnya sudah empat-lima kali lipat kapasitas terminal.

Pada hari-hari biasa atau yang bukan masa sibuk seperti Lebaran atau akhir tahun pun rata-rata pergerakan penumpang 20.000 orang per hari. Apalagi pada masa sibuk yang pada puncaknya bisa mencapai hampir 25.000 penumpang per hari.

PT AP I memang sudah mempersiapkan pengganti Adisutjipto di Kulonprogo. Bandara baru itu disebut-sebut bisa selesai dan operasi pada tahun 2019.

Be the first to comment

Leave a Reply