​Pengikut Media Sosial @djpu151 Tumbuh Pesat




Menteri Perhubungan dan Dirjen Perhubungan Udara beritnteraksi dengan Sobat Aviasi. Foto: @djpu151

Pertumbuhan pengikut atau followers media sosial Direktorat Jenderal Perhubungan Udara @djpu151 meningkat setiap bulan selama tahun 2017. Hingga pertengahan Desember, pengikutnya di Twitter mencapai 32.252, di Facebook 27.713, di Instagram 14.324, dan di YouTube 356 subscribers.

“Tingkat impresi dan interaksi yang dihasilkan oleh akun media sosial Ditjen Perhubungan Udara juga terhitung tinggi. Tercatat 23 juta impresi dan 622.000 interaksi terjadi selama periode pengelolaan tahun 2017 dengan total 7.750 konten yang telah terpublikasikan,” ucap Agus Santoso, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan pada acara “Indonesia Aviation to The World – Kumpul Bareng Sobat Aviasi” di Jakarta, Ahad (17/12/2017) malam.

Menurut Agus, konten regulasi dan kebijakan-kebijakan serta pesan keselamatan yang dikeluarkan Ditjen Perhubungan Udara di @djpu151 disajikan dan dikemas secara menarik. Begitu juga isi lainnya, seperti kamus penerbangan, serta kegiatan, isu-isu, dan situasi penerbangan terkini. Tampilannya berupa narasi (story telling), infografis, slide moving, stop motion, juga video.

“Kami berterima kasih, bersyukur, dan bangga sekaligus puas, karena kerja keras kami ternyata diapresiasi positif oleh masyarakat, dalam hal ini netizen. Hal ini memacu kami untuk bekerja lebih keras dan lebih cerdas secara bersama-sama dan berkesinambungan,” ujar Agus.

Berdasarkan polling, sebagian besar netizen setuju bahwa akun @djpu151 membuat mereka lebih mengerti aturan keselamatan dan keamanan penerbangan. Netizen juga menyukai konten-konten akun @djpu151, terutama yang memuat tips penerbangan dan pariwisata (lokasi dan akses). Mereka pun mengharapkan akan lebih banyak lagi konten-konten tersebut.

Agus mengatakan, kegiatan kumpul bareng sobat aviasi dapat mengarahkan komunikasi pada target terciptanya suatu masyarakat digital berbasis pengetahuan (knowledge base society) yang benar. “Ke depannya, masyarakat, khususnya para Sobat Aviasi, dapat menggunakan informasi dengan pengetahuan yang diangkat dan dikomunikasikan oleh Kementerian Perhubungan dengan cerdas dan tepat. Kampanye keselamatan penerbangan yang kami laksanakan terus menerus pun dapat terlaksana dengan baik dan tepat sasaran.