​Dirjen Perhubungan Udara: Ingat 321 agar Angkutan Udara Penumpang Terkendali



Dirjen Perhubungan Udara, Agus Santoso, ketika meninjau kesiapan arus balik Lebaran 2017 di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta. Foto: Reni Rohmawati.

Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso mengimbau kepada penumpang pesawat udara agar ingat 321. “Tiga jam sebelumnya (sebelum waktu terbang) mesti datang di bandara, dua jam sebelumnya harus sudah check in, dan satu jam sebelumnya harus sudah di tempat boarding. Itu saja; simpel, supaya semuanya lancar terkendali,” ujarnya.

Imbauan tersebut disampaikan Dirjen di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, usai memantau Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran 2017 tadi malam (29/6). Menurut dia, mulai hari itu arus balik Lebaran sudah terlihat nyata dan bisa terhitung.

“Puncaknya kita prediksikan tanggal 2 Juli, hari Minggu,” ungkap Agus. Sampai hari itu, dari pantauan Posko Terpadu di Bandara Adisutjipto, tercatat sekitar 23.000 penumpang sudah balik ke kotanya masing-masing.

Untuk mengantisipasi arus balik Lebaran tahun ini, Bandara Adisutjipto sudah siap. Bandara di Yogyakarta ini beroperasi sampai pukul 24.00, dimulai dari pukul 05.00. “Kalau (bandara) di Surabaya beroperasi 24 jam, di sini (bandara di Yogyakarta) ready sampai pukul 24.00,” tutur Agus.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama mengatakan, dengan ditambahnya jam operasi di bandara yang dikelolanya, arus penumpang jadi lebih merata. “Penerbangan dan penumpang jadi lebih merata, tidak menumpuk dalam waktu yang pendek,” jelasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply